Loading...

Daftar Lengkap: Materi dan Subtes UTBK 2024 Yang Wajib Kamu Ketahui!

Daftar Isi
Daftar Lengkap: Materi dan Subtes UTBK 2024 Yang Wajib Kamu Ketahui!

Hallo Sobat 1Sekolahers! udah pada tau kan kalo UTBK 2024 udah gak lama lagi, jadi apakah kamu sudah mempersiapkan diri kamu buat UTBK-SNBT 2024 nanti. Pasti udah dong, nah jadi untuk menghadapi UTBK nanti kalian harus perbanyak latihan soal soal supaya kalian memperoleh hasil yang maksimal.

Disini Sobat udah pada tau kan, UTBK itu apa dan seperti apa? Jadi UTBK itu adalah singkatan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer. UTBK merupakan salah satu tahapan seleksi penerimaan mahasiswa baru ke perguruan tinggi negeri (PTN). UTBK diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Pada tahun 2024 UTBK-SNBT ini bakal di selengarakan pada tanggal 30 April dan 2 s/d 7 Mei 2024 untuk gelombang 1, dan tanggal 14 s/d 20 Mei 2024 untuk gelombang 2.

Pengertian UTBK-SNBT 2024

Ujian Tulis Berbasis Komputer untuk tahapan seleksi penerimaan mahasiswa baru ke perguruan tinggi negeri yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) disebut dengan UTBK

UTBK bertujuan untuk memprediksi calon mahasiswa dan mahasiswi yang mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu. Selain itu, UTBK juga bertujuan untuk memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mengikuti tes secara fleksibel, yaitu memilih lokasi dan waktu tes.

Materi UTBK-SNBT 2024

Materi UTBK-SNBT 2024 terdiri dari dua bagian, yaitu TPS dan TKA. Kemampuan kognitif diukur melalui Tes Potensi Skolastik (TPS), sedangkan kemampuan akademik diukur melalui Tes Kompetensi Akademik (TKA).

A. Tes Potensi Skolastik (TPS)

mengukur kemampuan kognitif yang penting untuk keberhasilan di perguruan tinggi. TPS terdiri dari empat subtes, yaitu:

1. Kemampuan Penalaran Umum (KPu): KPu merupakan subtes TPS yang paling banyak ditanyakan. Soal-soal KPu biasanya berbentuk analogi, deret angka, dan logika. Untuk menghadapi soal-soal KPu, Sobat 1Sekolahers perlu memiliki pemahaman yang baik tentang konsep-konsep dasar matematika, logika, dan bahasa Indonesia.

2. Kemampuan Kuantitatif (KQ): KQ merupakan subtes TPS yang paling sulit. Soal-soal KQ biasanya berbentuk perhitungan, persamaan, dan aljabar. Untuk menghadapi soal-soal KQ, peserta UTBK perlu memiliki pemahaman yang baik tentang konsep-konsep dasar matematika, seperti aljabar, geometri, dan trigonometri.

3. Pengetahuan dan Pemahaman Umum (PPU): PPU merupakan subtes TPS yang paling mudah. Soal-soal PPU biasanya berbentuk pertanyaan tentang sejarah, geografi, ilmu pengetahuan, dan budaya. Untuk menghadapi soal-soal PPU, peserta UTBK perlu memiliki pengetahuan yang luas tentang berbagai macam hal.

4. Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis (Kisi): Kisi merupakan subtes TPS yang paling baru. Soal-soal Kisi biasanya berbentuk pertanyaan tentang pemahaman bacaan, pemahaman isi artikel, dan pemahaman hubungan antar paragraf. Untuk menghadapi soal-soal Kisi, peserta UTBK perlu memiliki kemampuan membaca dan memahami teks yang baik.

B. Tes Kompetensi Akademik (TKA)

mengukur kemampuan akademik yang dipelajari di SMA/SMK/MA. TKA terdiri dari tiga subtes, yaitu:

1. Sains dan Teknologi (Saintek): Saintek merupakan subtes TKA yang paling banyak diminati. Soal-soal Saintek biasanya berbentuk perhitungan, persamaan, dan aljabar. Untuk menghadapi soal-soal Saintek, peserta UTBK perlu memiliki pemahaman yang baik tentang konsep-konsep dasar sains dan teknologi, seperti fisika, kimia, dan biologi.

2. Sosial dan Humaniora (Soshum): mengukur kemampuan akademik dalam bidang sosial dan humaniora.

Persyaratan Mengikuti UTBK-SNBT 2024

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  2. Siswa SMA/SMK/MA kelas 12 atau kelas terakhir pada tahun 2024.
  3. Lulusan Paket C tahun 2022 atau tahun 2023.
  4. Lulusan Paket C tahun 2024 yang telah menyelesaikan pendidikan pada semester 1 tahun pelajaran 2023/2024.
  5. Lulusan SMA/SMK/MA luar negeri yang telah memperoleh ijazah pada tahun 2022 atau tahun 2023.

Kesimpulan

UTBK-SNBT 2024 adalah tes yang penting untuk diikuti oleh calon mahasiswa yang ingin mendaftar ke PTN. UTBK-SNBT 2024 mengukur kemampuan kognitif dan akademik yang penting untuk keberhasilan di perguruan tinggi.

Harun Alfala
Harun Alfala Dan aku adalah yin, tak akan pernah menyerah apapun yang terjadi :D

Posting Komentar